Amazon Deals

Tuesday, November 8, 2011

WANITA DAN LAKI-LAKI YANG KOTOR

"wanita-wanita yang kotor adalah untuk laki-laki yang kotor. dan laki-laki yang kotor untuk perempuan yang kotor. dan wanita yang baik adalah untuk lelaki yang baik dan laki -laki yang baik untuk wanita yang baik..." An nur ayat 26


ada kisah tentang seorang pemuda yang bernam Idris.


ia memulai langkah pengisian usia remajanya dengan tepat dan menantang: mencari ilmu dan berpetualang. saya pikir, apa yang ia jalani menghasilkan banyak pengalaman seru. mungkin anda bisa mencontoh?


suatu ketika dalam perjalanan petualangannya yang panjang, sebuah sungai membentang di hadapannya. ya, ia harus menyebrang meski dengan perut lapar. pucuk dicinta ada delima. delima yang terbawa arus itu mendekat, terus mendekat, semakin dekat, dan hap, kena! tanpa pikir panjang basmalah terucap dan gigitan pertama terkecap.


pelahan kunyahan pertama bergeser ke kerongkongan. dan saat itu terasa tercekat, ia tersadar, halalkah delima itu? apa ia sudah meminta izin kepada pemiliknya sehingga delima itu dihalalkan baginya? bukan soal kecil besarnya, selamanya ia berperinsip takkan pernah sudi tubuhnya kemasukan barang syubhat apalagi haram.


api neraka lebih pantas untuk daging yang tumbuh dari barang haram, bukankah begitu sabda Rasulnya?


ia harus bertemu pemiliknya, pemilik pohon delima itu. melawan arus, ia susur sungai itu ke arah hulu. kuyup, peluh, setelah tanya sana-sini, ia temukan pohin delima di tepi sungai sekaligus rumah pemiliknya.


"ya, satu kunyahan delima itu halal, asal kamu mau bekerja merawat kebun delimaku selama sekian tahun..", kata si pemilik pohon yang bertampang ulama. hanya segigit tebusannya berat amat? tapo tidak bagi idris.itu jauh lebih ringan daripada harus menanggung siksaan Allah. ia sanggup.


waktu berlalu, hri bergantu. idris menyelesaikan kewajibannya dengan sempurna. ia pun berpamitan. "aku ridha kau pergi, tapi sebelumnya, kau harus menikahi putriku yang cacat. dia buta, bisu, tuli, dan lumpuh.. mau?


bencana apa ini?? tapi idris bertawakkal kepada Allah. Allah tak pernah menyia-nyiakan orang yang berbuat baik. dan pemilik kebun menghadirkan 2 saksi yang akan menyaksikan akad nikah mereka.


sewaktu hendak memasuki kamar pengantin, idris berpikir tetap mengucapkan salam walaupun istrinya tuli dan bisu karena malaikat Allah tidak tuli dan bisu.


"Assalamu'alaikum.." ucap idris


"wa'alaikum salam" istrinya menjawab.


lho ko??


ketika idris masuk hendak menghampiri istrinya, dia melihat sesosok wanita yang Subhanallah, dia bagaikan bulan purnama, dan wanita itu mengulurkan tangan untuk menyambut tangannya. idris terkejut.


"kata ayahnya, dia wanuta tuli dan bisu. tetapi ternyata dia menyambut salamnya dengan baik. ayahnya juga mengatakan bahwa dia buta dan lumpuh, tetapi ternyata dia menyambut kedatanganku dengan ramah dan mengukurkan tangan dengan mesra pula. idris sempa berpikir jangan-jangan di bukan istriku?" katanya dalam hati.


setelah duduk samping istrinya idrs bertanya.


"Ayahamu mengatakan bahwa engkau buta, kenapa?"


"ya, ayahku benar, karena aku tidakmelihat apa-apa yang diharamkan Allah" jawab istrinya


"ayahmu juga mengatakan bahwa engkau tuli" kata idris


"ya, ayahku benar karena aku tidak pernah mau mendengar berita dan cerita orang yang tidak membuat ridha Allah" kata istrinya


"ayahku juga mengatakan kepadamu bahwa aku bisu dan lumpuh, bukan? tambahnya.


idris mengangguk pelahan mengiyakan pertanyaan istrinya.


"aku dikatakan bisu karena dalam banyak hal aku hanya menggunakan ldahku untuk menyebut asma Allah ta'ala.

aku juga dikatakan lumpuh karena kakiku tidak pernah pergi ke tempat-tempat yang bisa menimbulkan maksiat terhadapNya"


idris amat sangat bahagia mendapatkan istri yang ternyat amat saleha dan mampu menjaga dirinya.


coba tebak, siapa yang lahir dari pernikahan barakah ini??! Dalah seorang anak yang hafal Al-Qur'an di usia 9 tahun, menghafal Al-Muwaththa' karya Imam Malik lengkap dengan sanadnya dalam 9 malam, menghasilkan 1000 kesimpulan hukum lengkap disertai dalil dari renungan atas sebuah hadits pendek dalam semalam, menj`di orang pertama yang merumuskan kaidah Ushul fiqih, dan menjadi pelempar tombak yang dari 10 lemparannya tak satu pun meleset. Dailah Imam Asy Syafi'i, Muhammad bin idris Asy Syafi'i. yang di juluki Imam Ahmad bin Hanbal sebagai Mujaddid di abadnya.


Subhanallah..

{cerita ini di rangkum dari 2buku, 1 karya taufik ariyanto. lalu 2 dari karya Salim A. Fillah}

semoga bermafaat Amiin

No comments:

Post a Comment