Amazon Deals

Friday, December 23, 2011

Etika Dasar dan Umum Dalam Bermain Airsoft gun

TIPS KEAMANAN UMUM UNTUK AIRSOFT

Karena kemiripan bentuk dari airsoft terhadap unit asli, maka pemilik airsoft pun harus memperlakukan airsoft miliknya sesuai dengan cara memperlakukan unit asli, ini adalah beberapa prosedur keamanan untuk diikuti dalam memperlakukan airsoft:
1. Perlakukan airsoftdengan menganggap selalu terisi dengan proyektil BB/ peluru

2. Jangan pernah mengarahkan ujung laras airsoftkepada orang, benda, hewan atau apapun secara sembarangan

3. Yakinkan apakah target anda, sebelum mengarahkan/ membidik

4. Finger safety, selalu letakkan jari anda di luar trigger sampai anda benar-benar siap untuk menembak

5. Yakinkan bahwa airsoftanda berada di luar jangkauan orang yang tidak berhak memakai atau belum terlatih menggunakan airsoft

Jangan pernah tinggalkan airsoft anda di tempat terbuka dimana orang awam akan menganggapnya sebagai senjata asli. Selalu tempatkan airsoft anda di dalam gunbag atau tempat penyimpanan tertutup ketika anda akan membawanya. Dan jangan pernah letakkan airsoft anda di dalam dashboard mobil atau di tempat lain yang mudah terlihat.
Jangan pernah operasikan/ gunakan airsoft tanpa menggunakan pelindung mata, pelindung mata yang tepat adalah sangat penting, selalu gunakan pelindung mata yang tahan balistik dan sepenuhnya tertutup. Jangan gunakan kacamata jalan-jalan, kacamata hitam biasa, kacamata menembak, atau apapun dengan celah yang memungkinkan masuknya BB. Untuk mencegah luka pada muka ataupun BB terkena gigi, anda juga dapat mengenakan masker full-face, bagi anda yang merasa kurang nyaman dengan masker full-face, disarankan juga pakailah mouthpieace/ pelindung mulut untuk melindungin gigi anda. Saat anda memakai full-face masker, jangan pernah buka untuk sekedar minum atau apapun saat masih di dalam arena permainan, tunggu sampai permainan selesai, atau cari tempat aman untuk melakukannya, atau juga tunggu sampai anda berada di safe zone. Goggles kadang-kadang bisa berembun/ beruap, jangan pernah lepaskan goggles untuk membersihkannya saat anda di tengah-tengah zona pertempuran, carilah tempat aman untuk melakukannya atau tunggu sampai permainan berakhir.
Saat permainan sedang berakhir atau sedang dalam safe-zone, selalu pastikan safety airsoft anda terpasang dan magazin terlepas. Untuk menghindari terjadinya tembakan tidak sengaja yang dapat mengakibatkan luka.
Pada intinya jangan pernah lepaskan pelindung mata anda selain di safe-zone, dan juga selalu pastikan safety ON dan magazin terlepas di safe-zone
Selalu membiasakan diri dengan memperlakukan airsoft seperti ini akan membuat airsoft menjadi permainan yang menyenangkan dan aman untuk semua orang.

APA YANG DILARANG DALAM AIRSOFT

Penting diketahui bahwa airsoft hanya boleh digunakan/ dioperasikan di tempat-tempat khusus bermain airsoft untuk menghindari salah pengertian bagi orang-orang yang melihat/ menonton dengan mengira bahwa airsoft tersebut adalah senjata asli. Jangan pernah mempertontonkan/ memperlihatkan airsoft anda di tempat-tempat semacam:

1. Tempat parkir
2. Sekolah
3. Jalan umum
4. Lapangan olahraga
5. Pusat perbelanjaan
6. Atau tempat lain yang bisa membuat orang mengira itu adalah senjata asli.

Melanggar ketentuan tersebut akan menyebabkan penindakan tegas secara hukum oleh pihak yang berwajib kepada pemilik airsoft tersebut (tindakan ini juga akan berperan secara langsung dalam meningkatnya penindakan tegas serta pandangan negatif lainnya terhadap airsoft).

Melanggar/ memasuki lahan pribadi dengan AEG serta penggunaan AEG di taman-taman umum juga dilarang keras.

SEKILAS DALAM BERMAIN AIRSOFT

Secara garis besar, bermain olah raga airsoft dengan melibatkan airsoft artinya adalah mensimulasikan situasi pertempuran nyata ke dalam permainan, oleh karena itu ada aturan-aturan main yang harus dijalankan. Karena BB/ pellet pada airsoft tidak meninggalkan bekas atau tanda pada target yang dikenainya, setiap pemain airsoft harus mentaati kode utama sportivitas yaitu menyatakan "hit" bagi dirinya sendiri (menyatakan diri sendiri terkena tembakan). Dalam permainan simulasi ini, kita berperan sebagai paramiliter atau penegak hukum, dan menerima serta mengakui "hit" adalah salah satu bagian yang membuat permainan ini menyenangkan, di lain pihak, tidak mengakui "hit" atau berlaku curang akan sangat mengurangi kualitas dan pengalaman menyenangkan dalam permainan itu sendiri. Dalam situasi riil, pertempuran yang kita simulasikan, bila kita terkena peluru, otomatis kita akan mati, kita tidak dapat menyebutkan "hit" atau apapun. Jadi, nikmati kesenangan dan pengalaman dalam permainan airsoft dan "KATAKANLAH HIT !!!". Saat anda tertembak, segeralah berteriak "HIT !", kemudian segeralah ambil dan kenakan bandana merah yang menandakan anda hit di atas kepala anda, kemudian apabila AEG anda tertembak, berarti anda juga "HIT".

Orang yang sudah mati tidak berbicara ataupun memberi tanda, ataupun memberitahu lewat radio.

Dalam berbagai permainan, seringkali anda berada di belakang musuh anda, anda bisa saja langsung membidik dan menembaknya, namun seringkali jarak antara anda dan musuh terlalu dekat, beberapa meter saja, jadi daripada membidik dan menembaknya serta mengakibatkan kemungkinan terjadi cidera, anda bisa saja hanya berteriak "freeze !!" dan saat itu musuh anda akan otomatis menyerah dan dianggap sudah mati. Aturan ini memang sederhana namun percayalah, saat BB pellet mengenai anda pada jarak hanya 5 meter, ini akan jelas melukai. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memakai dan menaati aturan "freeze !!".

Jangan pernah melakukan "blind-firing" di tempat tempat persembunyian atau sudut-sudut, ini adalah berbahaya dan tidak pantas dipakai dalam permainan airsoft yang sportif. Sekali lagi, dalam airsoft tidak ada penanda bahwa anda terkena tembakan, namun apabila anda merasa terkena tembakan, langsung saja lakukan prosedur "HIT".

Review singkat beberapa aturan dalam airsoft

1. Jangan ragu untuk berteriak HIT

2. AEG tertembak, maka anda HIT

3. Ikuti aturan "freeze !!"

4. Jangan pernah melakukan "blind fire"

5. Pakai pelindung mata yang benar

Terimakasih kepada AMX Squad ATI yang telah merilis Etika dasar ini untuk di sosialisasikan.

No comments:

Post a Comment