Amazon Deals

Tuesday, June 5, 2012

Guling Hanya Ada di Indonesia, Belanda dan Jepang

Saya mengernyitkan dahi waktu membaca perkataan Soekarno :

Manusia  Indonesia  hidup  dengan  getaran  perasaan.  Kamilah  satu‐satunya  bangsa  di  dunia  yang
mempunyai  sejenis  bantal  yang  dipergunakan  sekedar  untuk  dirangkul.  Di  setiap  tempat‐tidur  orang
Indonesia  terdapat  sebuah  bantal  sebagai  kalang  hulu  dan  sebuah  lagi  bantal  kecil  berbentuk  bulat‐
panjang yang dinamai gulingGuling ini bagi kami gunanya hanya untuk dirangkul sepanjang malam

Kalimat ini terdapat pada halaman 1 BAB1 buku Biografi Soekarno yang ditulis oleh seorang wartawan senior amerika yaitu Cindy Adams. Ini menunjukkan bahwa Soekarno memperkenalkan kepada Cindy Adams tentang keberadaan device di tempat tidur orang indonesia yang bernama guling karena Cindy Adams belum mengenalnya. Saya heran awalnya saya mengira guling itu budaya dari orang bule, tidak ada orang bule yang memakai guling kecuali orang belanda, kabarnya guling adalah bawaan dari kolonial belanda, di negara tetangga juga tidak ada yang namanya guling, di film - film baik asia ataupun film barat tidak ada tuh yang namanya guling, bahasa inggrisnya guling adalah "Dutch Wife", orang Belanda sendiri sering dicela karena keberadaan device ini.

Sedangkan guling di Jepang disebut dengan nama Dakimura / Love Pillow / Hug Pillow (抱き枕?) (dari kata daki (抱き?) yang berarti memeluk atau melekat, dakimura tidak berbeda dengan bantal badan untuk ortopedi yang dimiliki orang barat, dan dakimura biasanya dipakai oleh pemuda Jepang sebagai "Barang Kebesaran". Bagaimanapun jika dilihat dari perspektif orang barat "dakimura" adalah indikator kepopuleran karakter kartun yang tergambar pada "Bantal Cinta". Sebetulnya bentuknya lebih menyerupai bantal panjang atau persegi panjang dan bukan silinder layaknya guling di Indondsia, dakimura.
Pada tahun 1990an dakimura mulai menyatu dengan kultur otaku, awalnya dengan memproduksi bantal dengan gambar printing Bishōjo dari berbagai anime. Banyak dari cover otaku dakimura versi awal di rilismelalui perusahaan fashion cospa, pernak-pernik karakter dan tampilannya selanjutnya dirilis menjadi cover dakimura versi resmi hingga hari ini. Kadangkala orang menyebut dakimura sebagai Dutch Wife, meskipun definisi aslinya dari frase ini lebih dekat dengan chikufujin.


Orang indonesia dan orang Belanda biasanya merasa risih dan kurang enak jika tidur tanpa ditemani device ini, apalagi jika tidur di hotel ataupun penginapan yang kebanyakan tidak menyediakan guling, jadi bawalah guling kemanapun anda pergi, mudah - mudahan beberapa tahun kedepan ada yang memproduksi guling portable yang mungkin berbentuk guling tiup ataupun gulung portable berisi air.

1 comment:

  1. ini sangat menarik dan pantas untuk di kembangkan tidak nyangka ternyata barang yang empuk yang selalu menemani tidurkita ternyata warisan budaya kita.

    ReplyDelete