Amazon Deals

Sunday, April 8, 2012

Rahasia Perusahaan Apple

Sebuah buku baru mengungkap beberapa rahasia di kantor Apple, vendor teknologi produsen iPhone, iPod sampai iPad. Buku berjudul 'Inside Apple: How America’s Most Admired — and Secretive — Company Really Works' ini ditulis oleh wartawan Fortune, Adam Lashinsky.


Buku tersebut membeberkan beberapa rahasia di kantor Apple yang tak banyak diketahui publik, terutama betapa ketatnya pengamanan di perusahaan tersebut. Berikuti sebagian di antaranya, dikutip detikINET dari Times of India:

1. Lingkungan kerja di Apple banyak menyimpan rahasia yang tidak diketahui karyawannya sendiri. Tingkat keamanan sangat ketat. Para karyawan tahu Apple sedang menggarap produk besar jika ada sistem keamanan baru seperti penambahan tembok, pengetatan sekuriti dan penutupan kaca di beberapa ruangan sehingga tidak bisa dilihat sama sekali.

2. Menurut Lashinsky, salah satu ruangan paling rahasia di Apple adalah tempat kerja Jonathan Ive, kepala desain produk produk Apple. "Hanya sedikit orang yang diizinkan memasuki bunker desain Ive," tulis Lashinsky.

3. Pegawai yang dilibatkan dalam pembuatan produk terbaru Apple harus menandatangani surat kesepakatan untuk tidak membocorkan rahasia. "Orang yang bekerja di proyek baru diminta menandatangani kesepakatan bahwa mereka bekerja di proyek super rahasia dan tidak boleh membicarakannya pada siapapun" tulis Lashinsky. Jika dilanggar, pegawai pasti dipecat atau bahkan dituntut.

4. Para calon pekerja Apple tidak tahu apa sebenarnya detail pekerjaan mereka sampai mereka diputuskan untuk diterima. Mereka hanya mendapat sedikit informasi, lagi-lagi untuk menjaga kerahasiaan produk Apple.

5. Pegawai yang terlibat dalam acara peluncuran produk baru Apple akan menerima buku panduan khusus tentang tahap-tahap menuju hari peluncuran. Jika buku panduan itu hilang dan jatuh ke tangan yang salah, ancamannya adalah pemecatan.

6. Pegawai Apple biasanya bekerja terpisah dan belum tahu pasti apa sebenarnya yang mereka kerjakan. "Pegawai Apple dan proyek mereka adalah bagian dari puzzle. Puzzle yang komplet hanya diketahui di level tertinggi organisasi ini,"

No comments:

Post a Comment