Amazon Deals

Saturday, September 1, 2012

Ketegangan Israel – Iran Memuncak


Kegeraman Israel untuk segera menyerang Iran, ternyata ada penyebabnya. Diplomat PBB membenarkan adanya bukti, Iran tengah melakukan uji coba senjata nuklir di salah satu pangkalan militer. Dugaan ini menyusul dipublikasikannya citra satelit oleh salah satu negara anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Dalam foto, Kamis 8 Maret 2012, terlihat pangkalan militer Parchin, sekitar 30 km tenggara Teheran, terdapat beberapa buah truk dan perangkat lainnya di lokasi. IAEA mengklaim gambar itu adalah yang terbaru dan selalu diperbaharui secara berkala.

Diplomat Pmengatakan, gambar itu jelas memperlihatkan aktivitas membersihkan sisa-sisa radioaktif dalam uji coba senjata nuklir. Terbukti dengan adanya truk-truk pengangkut dan perangkat lainnya yang digunakan untuk menghapus zat radioaktif pada tanah.
Israel missile strike Ketegangan Israel Iran Memuncak
Mereka mengatakan, orang-orang di Parchin mungkin mencoba menghilangkan bukti pengujian alat neutron yang digunakan untuk memicu ledakan nuklir. Diplomat lainnya tidak membantah dugaan tersebut, dia mengatakan inisiator neutron biasa digunakan untuk mengembangkan senjata nuklir.

Temuan ini menambah kuat kecurigaan IAEA atas pangkalan Parchin yang diduga dijadikan tempat menguji bom atom. Sebelumnya beberapa pekan lalu, delegasi IAEA yang berkunjung ke Iran dilarang keras memasuki Parchin. Akhirnya, para delegasi pulang dengan tangan hampa.

Pada laporan IAEA November tahun lalu, mengatakan Parchin digunakan sebagai tempat uji ledak untuk memicu reaksi berantai nuklir. Laporan ini yang membuat Amerika Serikat kembali menerapkan sanksi ekonomi atas Iran.

Memanasnya hubungan Iran dan Israel, juga meningkatkan susu politij di Timur Tengah. Hamas mulai mengambil posisi atas ketegangan itu.
Pimpinan Hamas yakin, Iran akan mampu menyaingi kemampuan militer Israel, bila Israel menyerang negara yang dipimpin Mahmoud Ahmadinejad itu.

“Iran memiliki kemampuan militer yang kuat dan dapat mempertahankan diri,” kata anggota senior Hamas, Ahmed Yusuf kepada kantor berita Maan, seperti dikutip israelinternationalnews.com, Kamis (8/3).

Yusuf juga menilai Israel tidak cukup kuat untuk menyerang Iran sendirian. Pasalnya, serangan kepada Iran bakal melahirkan krisis di dalam negerinya. Menurutnya, Israel hanya bisa menyerang ketika mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan sekutunya. Karena itulah Israel terus berharap AS mau ikut untuk menyerang Iran.

SOURCE: http://jakartagreater.com/2012/03/ketegangan-israel-iran-memuncak/

No comments:

Post a Comment