Amazon Deals

Wednesday, September 5, 2012

Serangan Israel ke Iran Dihambat Obama



Rencana Israel untuk menyerang fasilitas nuklir Iran sudah matang. Berbagai kemungkinan akan aksi balasan dari Iran sudah diperhitungkan. Israel paham banyak warganya akan menjadi korban serangan balasan Iran. Mereka juga paham, Tel Aviv tidak akan lolos dari serangan balasan. Tapi Israel harus memilih, tetap membiarkan Iran membangun nuklir, atau mengorbankan sebagian rakyatnya, demi menghentikan proyek senjata nuklir Iran. Israel memilih alternatif kedua. Untuk mengurangi korban, mereka mulai membangun bunker bunker perlindungan serangan rudal.

Anggota senior parlemen Israel, Zeev Bielski mengungkapkan, kemampuan pertahanan wilayah Israel, terutama Tel Aviv, tidak mampu untuk melindungi warganya dari serangan balasan Iran.

Hasrat Israel untuk menyerang Iran dibendung oleh Amerika Serikat, untuk sementara waktu. Presiden AS, Barack Obama mengingatkan Israel untuk tidak terburu-buru melancarkan serangan militer ke Iran. “Saya pikir pemerintah Israel mengakui bahwa sebagai presiden AS, saya tidak menggertak,” kata Obama kepada majalah Atlantic Monthly (3/3/2012).

Meski menentang aksi militer, namun Obama mengatakan AS berkepentingan untuk mencegah Iran mendapatkan senjata nuklir.
Obama menyebutkan adanya risiko besar jika senjata nuklir Iran jatuh ke tangan para teroris. Obama juga mengingatkan kemungkinan adanya adu senjata nuklir di wilayah Timur Tengah jika Iran sampai memiliki senjata atom.
israel iran attack possible routes Serangan Israel ke Iran Dihambat Obama
“Saya pikir baik pemerintah Iran dan Israel mengakui bahwa ketika AS mengatakan Iran tak bisa memiliki senjata nuklir, kami serius dengan apa yang kami katakan itu,” tegas Obama. Obama menegaskan, AS hanya menggunakan kekuatan militer jika semua opsi diplomatik telah digunakan.

Merespon rencana serangan Israel tersebut, Menteri Pertahanan Iran Brigjen Ahmad Vahidi mengatakan:”Jika terjadi serangan militer, maka republik Islam ini, sejalan dengan doktrin pertahanan dan kepentingan nasionalnya, akan mengambil langkah-langkah tegas dan menunjukkan kekuatan militer negara yang sebenarnya,” tandas Vahidi. Ditegaskan petinggi Iran itu, negara republik Islam tersebut akan memberikan respons yang menghancurkan bagi setiap agresor.

SOURCE: http://jakartagreater.com/2012/03/serangan-israel-ke-iran-dihambat-obama/

No comments:

Post a Comment