Amazon Deals

Saturday, November 3, 2012

Pamor Keris Berbahan Meteor Paling Tinggi

Pamor Keris Berbahan Meteor Paling Tinggi
Keris yang terbuat dari batuan meteor itu ada di Indonesia.

VIVAnews - Keris berbahan baku dari batuan meteor dipercaya memiliki keistimewaan tersendiri. Bagi penggemar dan kolektor, pamor, nuansa atau motif, yang tercipta dari keris berbahan meteor itu berkarakter.

"Keris dari meteor itu pamornya memiliki nilai tinggi," kata Toni Junus, pengelola situs Javakeris.com dan Keris Kamardikan, kepada VIVAnews, Senin 3 Mei 2010.

Toni yang juga jebolan Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta ini menjelaskan, keris yang terbuat dari meteor itu sudah ada di Indonesia. Dan itu sudah ada sejak meteor jatuh di Jawa Tengah sekitar tahun 1749.

"Faktanya, meteor yang jatuh di Prambanan pada abad ke 17 itu menjadi bukti," ujarnya. Dalam tulisannya, Toni menyebut jatuhnya meteor itu terjadi di masa pemerintahan Sunan Paku Buwana III.

Saat itu hanya beberapa kerikil meteor dibuat untuk keris, terutama diserahkan kepada empu Brojoguna. Menurut dia, penggunaan pamor keris dari batuan kerikil meteor asal Prambanan cukup masuk akal.

"Hal ini bisa kita simpulkan jika kita meneliti pada (keris) Kanjeng Kyai Pamor, tampaknya tidak banyak bekas pahatannya," ujar dia.

Soal kepercayaan, kata Toni, itu merupakan persepsi masing-masing orang. Begitu juga dengan nilai mistik dan sejenisnya.

"Itu kepercayaan saja. Filsafat teresterial, kemanunggalan itu menjadi satu tujuan. Kemanunggalan benda yang di angkasa di bumi," jelas pria yang juga pembuat keris ini.

Toni sudah mendengar adanya meteor jatuh di Duren Sawit, Jakarta Timur. Tetapi, dia tidak turut memburu bongkahan batu yang belum ditemukan itu.

Saat ini sejumlah orang dari luar Jakarta sengaja berburu batu meteor ke Duren Sawit untuk dijadikan jimat dan lain-lain. (umi)
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment