Amazon Deals

Monday, June 3, 2013

Perawatan Senapan Angin

Yg pertama lubrikasi (oiling) pada semua part yg sifatnya tuas bergerak, seperti lengan pompa atau cocking bar, atau barrel baseblock (pada breaking barrel) dg maksud supaya action-nya lancar gak "seret", pake minyak singer juga bisa, tapi paling ideal pake pen gun oil atu pake minyak senjata yg punya aparat organik, atau pake oli mesin juga bisa, secukupnya saja. Untuk senapan pompa hindari memberi minyak berlebihan pada klep pompa atau tabung pompa, karena akan ikut masuk ke tabung angin, selain akan mempercepat keausan seals juga akan terikut gas ke laras, yg akan membuat peluru gampang "terpeleset" jadi kurang akurat. Selanjutnya khusus springer juga perlu lubrikasi pada klep piston,dan breech seal khususnya yg terbuat dari kulit, karena setiap action pasti akan semakin kering. Kalo yg dari sintetis (seperti karet) tidak perlu di minyaki, kalo klep piston plastik (seri HW) cukup satu tetes minyak silikon. Untuk mainspring tidak perlu diminyaki, kecuali ada suara kasar dan kesan "seret" bisa dikasih gamo gun oil. Untuk senapan pompa, sebaiknya setiap kali nyimpan dipompa satu kali supaya seal/klep meregang (lebih awet) dan menghindari debu masuk. Demikian juga PCP sebaiknya disimpan dalam kondisi ada gas (meskipun sedikit), dg maksud serupa. Untuk membersihkan laras dari sisa2 timah paling aman memakai tali yg dimasukkan ke laras dan diujungnya dibuat simpul untuk naroh sobekan kain kaos yg ditetesi Sheath oil, sekaligus berfungsi mencegah karat. Minyak yg sama bias digunakan juga untuk melapisi body senapan supaya tidak berkarat. Tapi paling aman, seluruh body senapan termasuk laras dibalut dg stiker spotlight (yg buat motor)untuk menghindari karat, khususnya yg berasal dari kejahatan asam keringat tangan...Untuk penyimpanan, idealnya ada lemari khusus yg dilengkapi lampu, air, dan bubuk penyerap kelembaban supaya optik scope (kalo ada) tidak berjamur. Idealnya tiap minggu kondisi senjata dicek dan di test fire untuk mengetahuia apakah ada yg tidak beres atau kotor. Sementara ini dulu yg diingat, kalo ada yg salah mohon dikoreksi, kalo kurang ditambahi.


##################################################
karat pada senapan angin bisa di sebabkan produk lama digudang atau perawatan yang buruk. berikut cara menghilangkan karat pada body senapan dan laras :
  1. siapkan minyak senapan
  2. siapkan minyak rantai atau chain lube
  3. siapkan kawat pembersih
  4. siapkan kain kain
laras :
  1. lumasi laras dengan chain lube, tunggu beberapa saat.
  2. masukan kawat pembersih dan sikat secara perlahan bagian dalam laras.
  3. akan keluar cairan karat, elap segera dengan kain.
  4. setelah yakin tidak ada karat, masukan pelumas senapan 2-3 tetes.
  5. tembakan senapan 2-3 kali tanpa peluru.
  6. senapan siap di gunakan.
senapan :
  1. siapan chain lube, lumasi pada bodi yang karat.
  2. elap/gosok dengan lap bagian yang karatan sampai karat terkikis, ulangi sampai bersih.
  3. siapkan minyak senapan, lumasi bagian senapan untuk menjaga karat tidak datag kembali.
  4. lap bodi senapan.
bila anda cermat peralatan pembersih/perawatan ini tidak akan lebih dari 50.000


##################################################
SENAPAN ANGIN dan PERAWATANNYA


Fenomena yang berkembang saat ini ternyata senapan angin jenis pompa maupun per semakin banyak digemari baik untuk keperluan olah raga ataupun sebagai alat untuk keperluan berburu untuk itu LARC sengaja mempersempit para penghobi menembak dan berburu dengan memakai senapan angin jenis POMPA dan PER karena kedua jenis senapan angin ini sangat familiar dimasyarakat serta relatif mudah dalam perawatan.




SENAPAN JENIS POMPA


Benjamin Franklin, senapan angin jenis gerendel buatan Amerika yang pertama kali dikenal oleh masyarakat di Indonesia khususnya Bandung dan sekitarnya, yang kemudian di ikuti dengan banyaknya senapan-senapan pompa gerendel produk lokal (bandung-cipacing) yang mirip dengan Benjamin Franklin, yang kemudian lebih di kreatifkan kembali olah para pengrajin Cipacing dengan membuat senapan pompa jenis pelatuk/hammer, yang pada sat itu terkenal dengan merk Benjamin cap Kuda.


Cara pemakaiannya mudah, tarik kokang (bolt), pompa sebanyak 3-4 kali, masukan pellet ukuran 4,5 mm, tutup kokang, bidik, dan tembak.....akurasi yang cukup untuk jarak 10-15 mtr dan pompa dapat ditambah sesuai keinginan untuk jarak yang lebih jauh, tentu saja dengan bantuan telescope.


Sharp Inova, Canon737, senapan angin generasi berikutnya dengan sistim tanpa bolt kokang, cara pemakaiannya sama dengan type gerendel, tidak perlu dikokang (tarik bolt), tinggal pompa sebanyak kebutuhan dan jarak, masukan pellet ukuran 4,5mm, bidik dan tembak, bentuk lebih modern serta lebih ringan, Sharp Inova aslinya diproduk oleh Jepang dan Canon737 diproduk oleh Indonesia.




SENAPAN JENIS PER


BSA buatan Inggeris dan DIANA buatan Jerman senapan jenis per yang pertama terkenal di Bandung dan sekitarnya, yang kemudian di ikuti dengan banyaknya senapan-senapan jenis PER produk lokal (bandung-cipacing) yang mirip dengan BSA dan DIANA, dengan sistem kokang patah laras (Breakbarrel) atau tarik tuas dibawah laras (Underlever).


Untuk jenis ini cara pemakaiannya sangat mudah, tinggal patahkan laras atau tarik tuas , masukan pellet ukuran 4,5mm , bidik dan tembak...namun untuk jenis ini tenaga tembakan tidak dapat diatur seperti jenis pompa, sekali kokang terbatas utk jarak tertentu, maximal 10-15 mtr, lebih dari jarak tersebut pellet masih mampu nalun tdk menjamin ka-akuratan-nya.
Jenis Pompa
  1. Pastikan selalu terisi angin (pompa minimal 1x) pada saat senapan sedang tidak dipergunakan (disimpan) , agar seal / klep tetap meregang.
  2. Untuk senapan pompa jenis gerendel, pastikan tidak terkokang lama bila belum siap tembak atau batal nembak, agar per bolt / per kokang tidak cepat lemah.
  3. Bersihkan permukaan senapan (dari laras sampai ke popor) setiap sesudah pemakaian, boleh menggunakan kain/lap yang diberi sedikit pelumas gunanya untuk mencegah karat terutama dari bahan besi.
  4. Jangan memberi pelumas yang berlebihan pada klep pompa ataupun tabung pompa, karena akan terbawa masuk ke tabung angin yang akan mempercepat keausan seal.
  5. Bersihkan alur laras secara periodik untuk memperlancar keakuratan laras.


Jenis Per
  1. Pada saat senapan hendak disimpan, pastikan tidak sedang dalam keadaan terkokang karena dapat membuat daya regang per cepat kendur
  2. Bersihkan permukaan senapan (dari laras sampai ke popor) setiap sesudah pemakaian, boleh menggunakan kain / lap yang diberi sedikit pelumas gunanya untuk mencegah karat terutama dari bahan besi.
  3. Bagian-bagian yang bergerak sebaiknya dilumasi.
  4. Jangan menembak kosong / tanpa peluru karena bisa menyebabkan kerusakan parah pada klep piston.
  5. Bersihkan alur laras secara periodik untuk memperlancar keakuratan laras.


Tambahan
  • Binocullar, riflescope, telescope, kamera saku, kamera digital sebaiknya simpan dalam satu tempat khusus, diberi penghangat (bisa dari lampu 5 watt) dan dibantu dengan bubuk silica gel untuk mencegah timbulnya jamur lensa.
##################################################
Tips Bila Senapan-Per Anda Macet


  1. Pastikan tidak ada benda yg menyangkut, misal kerikil dsb
  2. Kokang kembali senapan anda/tekuk laras kembali sampai berbungyi klik, pastikan anda menggenggam dengan kuat
  3. Kemudian luruskan kembali laras, lalu tembakan kembali
  4. Bila cara diatas tidak berhasil, senapan jangan anda bongkar sendiri
  5. Per di senapan jenis ini memiliki power yg kuat cukup membuat anda cidera, kirim segera senapan anda ke tempat service terpercaya.
##################################################
Tips menjaga akurasi senapan angin


dalam setiap pnembakan yang di lakukan pada laras akan menumpuk residu timah mimis/pluru, debu, mungkin pasir. untuk membersihkan itu di perlukan :


peralatan :


1. minyak senapan
2. sikat/kawat pembersih
3. kain lap


langkah-langkah :


1. masukan minyak senapan ke dalam laras
2. sikat dengan pelan, ul`ngi sampai anda yakin minyak yang keluar tidak warna keruh hitam
3. tembakan senapan 2-3 kali tanpa peluru
4. setelah selesai lap senapan


tips : untuk perawatan ringan cukup memberi plumas ulang pada laras dan di tembakan tanpa pluru 2-3 kali.

##################################################
Peluru Menyentuh Peredam

bila hasil tembakan kacau pada saat peredam terpasang, kemungkinan besar pluru menyentuh peredam, ada 2 cara untuk mengatasinya sebagai berikut.
cara 1 :
  1. sediakan kain tebal, pompa senapan 2x pompa, tutup moncong peredam dengan kain, lihat mimis apa ada crop dibagian tertentu (bukan bekas ulir) seperti tumbukan.
  2. bila ada bekas tumbukan (pada mimis) buka pin belakang tempat mendorong peluru
  3. tropong/intip dari bagian belakang (pin pendorong pluru), perhatikan lokasi tumbukan.
  4. misalkan atas maka, kikis ulir tempat peredam bagian bawah, kemudian bagian atas beri seng sebagai alas, ulangi sampai tidak ada tumbukan lagi.
cara 2 :

besarkan bagian depan peredam, namun cara ini tidak saya anjurkan krn akan mengurangi kemampuan meredam suara.

##################################################
"CARA PERAWATAN SENAPAN PCP atau GEJLUG"



1. Apabila senapan dalam kondisi baru, isikan gas PCP secara bertahap : 1500 Psi, 2000 Psi dan 2500 Psi, untuk menjaga keawetan tabung dan part2 di dalamnya

2. Setiap selesai pemakaian, bersihkan senapan dengan lap kering, oleskan body luar senapan dengan gun oil atau minyak kelapa atau minyak singer untuk menjaga body senapan tidak berkarat (kecuali Tabung Stainless atau Titan)


3. Jangan oleskan minyak ke dalam laras senapan atau drat tabung pengisian gas!!, berbahaya karena rentan terbakar.


4. Gunakan gas PCP , jangan gunakan gas yang berbahaya seperti pure O2, gas karbit dll karena rentan meledak!!


5. Gas didalam Tabung Senapan jangan sampai habis, ...INGAT..!!! "JANGAN SAMPAI HABIS"...,sisakan 500 Psi ~1000 Psi, untuk menghindari pergeseran/ perubahan posisi katup/kelep Gas.


6.Selalu pasang "Pengaman Triger" dan jangan masukan pelet/mimis apabila senapan tidak digunakan.


7.Masukan Senapan ke dalam Tas Senapan dan Jauhkan dari jangkauan anak kecil

##################################################
Trik Menembak Tepat

berikut beberapa trik supaya anda dapat menembak tepat

    Biasakan angkat barbel 5kg atau lebih
    Posisikan tubuh anda senyaman mungkin swaktu menembak, releks saja
    Genggam senapan tidak terlalu kuat namun tidak lemah
    Pastikan popor senapan rapat dan kokoh di bawah pundak 1/2 di jepit
    Tarik nafas dan keluarkan 1/2
    Tembak dihitungan 3-10 detik

Untuk trik menggenggam pakai cara yang menurut anda yang paling nyaman, selamat berlatih ria practice...practice...practice




SOURCE: http://seniper.blogspot.com/2011/07/perawatan-senapan-angin.html

No comments:

Post a Comment