Amazon Deals

Monday, July 1, 2013

Viton Bukan Karet Terbaik

Saya menyadari bahwa judul dari artikel ini mungkin mengejutkan, tetapi yang terjadi di lapangan memang mengejutkan. Seringkali saat saya sedang berkunjung ke toko teman/customer saya yang kebetulan juga menjual seal-seal dan Oring, mereka yang membeli O-Ring maupun Seal Viton seringkali tidak mengerti kenapa harus memilih bahan Viton, bukan yang biasa (NBR) saja, dan mereka berangapan pokoknya Viton yang paling baik dan kuat, hal ini diperparah oleh penjual yang kebanyakan tidak paham betul sifat2 dari Viton.

Dengan artikel ini saya mencoba untuk meluruskan mitos-mitos yang selama ini beredar bahwa viton ialah karet yang superior. Sebelum membahas lebih jauh, saya juga ingin meluruskan salah kaprah yang terjadi selama ini, bahwa Viton bukanlah jenis karet, melainkan merek dagang dari suatu produk karet sintetik yang dihasilkan oleh Dupont. Jenis karet sesungguhnya ialah FluroCarbon, hal ini sama dengan kesalahan penyebutan motor skuter dengan vespa.

Beberapa orang yang kurang paham seringkali berkata bahwa Viton ialah karet yang kuat, sebenarnya saya tidak sepenuhnya setuju dengan ini. karena kuat mengandung banyak arti, benar viton memang lebih tahan panas dibanding karet jenis lain, tetapi banyak sifat-sifat lainnya yang tidak lebih baik jika dibandingkan dengan karet jenis lain yang jauh lebih murah. Flurocarbon (viton) merupakan karet sintetik yang baik, dan iya, saya setuju, tapi kalau dibilang yang terbaik, saya tidak setuju, dan jika dibilang harganya mahal, saya sangat setuju. oleh karena harganya yang mahal, maka sebisa mungkin kita menggunakan karet jenis lain yang lebih ekonomis. Banyak orang yang tidak mengerti mengenai elastomer (karet) mengatakan bahwa karet flurocarbon (Viton) itu tahan segalam macam kimia, eitss, tunggu dulu, contohnya saja soda api (costic soda), flurocarbon (Viton) tidak tahan terhadap kimia "murah" ini, malahan yang tahan terhadap soda api ialah jenis karet yang harganya sepersepuluh lebih murah daripada flurocarbon (Viton). Jadi jangan berangapan dengan menggunakan flurocarbon (Viton) maka segalanya akan jadi beres, sebaliknya terlebih dahulu kenali masalahnya lalu cari solusinya dengan menggunakan material yang sesuai tentunya.
 
Dengan ini juga saya tekankan bahwa tidak ada istilah karet Viton asli dan palsu, kalau mau  Viton yang asli ya beli dari Dupont sebagai produsennya, tetapi yang memproduksi karet flurocarbon tidaklah hanya Dupont saja, dan tentu saja setiap produsen memiliki kwalitas masing-masing. Pada dasarnya karet flurocarbon memiliki sifat-sifat yang hampir sama, hanya setiap produsen memiiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Mungkin sebutan Viton palsu yang beredar di masyarakat lebih tepat ditujukan pada karet berjenis bukan flurocarbon tetapi disebut Viton, dan memang hal ini sangat sering ditemui dipasaran. banyak yang bilang "Viton asli itu tahan panas, jadi coba saja dibakar, kalo tahan berarti asli" saya seringkali menemui kasus seperti ini di toko2 dan di tempat customer saya, sejujurnya hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Flurocarbon (Viton) memang tahan panas, tetapi tidak tahan bakar, orang-orang awam seringkali salah tangkap mengenai hal ini. Lalu ada yang bilang kalau Viton asli warnanya itu coklat/doft/dll, pewarnaan karet sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan (pada tahap mixing/compounding), jadi kita bisa membuat warna sesuka kita, dan warna tidak bisa menunjukan keaslian Viton. Salah satu cara yang saya setuju untuk menentukan jenis karet flurocarbon (Viton) ialah melihat masa jenisnya, karet jenis ini memiliki masa jenis yang lumayan besar jika dibandingkan dengan karet jenis lain.
 
Hal yang sering saya temui dilapangan ialah pada dasarnya tidak dibutuhkan material sekelas flurocarbon yang sangat mahal untuk suatu rubber produk/parts, tetapi kurang pahamnya user membuat mereka ingin memesan dengan material flurocarbon (Viton) dan saya akan merekomendasikan material lain yang lebih ekonomis dan sesuai. Tetapi jika memang material yang ada butuhkan ialah Flurocarbon (Viton) maka pilihlah supplier/produsen yang anda percayai, karena harganya yang mahal, serta susahnya untuk membedakan dengan karet jenis lain oleh mata awam membuat banyak produsen yang "menipu" pelangganya dengan mengatakan bahwa material yang mereka gunakan ialah Viton padahal bukan.

SOURCE: http://www.sumantry.com/artikel/kumpulan-artikel/66-viton-bukan-karet-terbaik

No comments:

Post a Comment