Amazon Deals

Monday, October 7, 2013

Rambut Memutih Bukan Hanya Semata-Mata Karena Menua

Saat Anda menua, mahkota Anda pelan-pelan kehilangan warna hitamnya. Ditandai dengan uban yang bermunculan, lalu sama sekali menjadi putih. Namun tak banyak yang mengetahui bahwa, seperti jam biologis yang menentukan waktu tidur Anda, rambut juga memiliki “jam” khusus yang menentukan rambut akan tetap menjadi putih.

Faktanya, rambut sejatinya berwarna putih. Yang membuatnya hitam adalah pigmen eumelanin yang terdapat di dalam rambut dan phaeomelanin yang membuat mahkota Anda terlihat bersinar. Dilansir dari Lhbrary of Congress, saat keduanya berpadu, mereka menentukan karakter warna rambut Anda.

Melanin-melanin tersebut terbuat dari sel-sel pigmen yang bernama melanocytes. Saat fase rambut tumbuh di setiap kelenjar rambut, melanocytes inilah yang menyuntikkan pigmen ke dalam sel dengan kandungan keratin — salah satu sumber protein terbesar yang menyehatkan rambut, kulit, dan kuku manusia.

“Jam” khusus yang kami sebutkan di atas adalah “jam melanogentic” yang menurut Dr. Desmond Tobin, profesor biologi sel dari Universitas Bradford, Inggris, terdapat di setiap kelenjar rambut. Rambut Anda memutih karena “jam” tersebut berjalan semakin melambat dan bahkan menghentikan berjalannya melanocyte sehingga suntikan pigmen menjadi berkurang.

Namun, rambut memutih tak hanya disebabkan karena penuaan saja. Faktor internal dan eksternal banyak menjadi alasan mengapa rambut memutih seperti gen, hormon, suhu, efek kimia, dan polusi. Seperti dilansir dari Daily Mail, stres pun dapat membuat rambut Anda memutih.

Tekanan dari dalam tubuh secara psikologis memancing sel-sel induk di rambut menjadi rusak karena bekerja lebih kencang dari biasanya namun “kehabisan” produksi pigmen yang dibutuhkan sehingga rambut kehilangan warna, dan uban mulai muncul di kepala Anda. Ini yang membuat rambut kehilangan warna di umur yang masih muda, atau biasa disebut premature ageing.
Sebagai solusi, konsumsilah makanan yang mengandung protein dan vitamin A dan B yang sangat baik untuk menjaga rambut tetap hitam bersinar. Anda bisa mendapatkan protein dari biji-bijian, kacang, susu kedelai. Vitamin A dan B banyak pula ditemui di sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, wortel, yoghurt, pisang, dan tomat.

Dilansir dari Life Mojo, yang paling penting adalah mineral, yang siap membantu pembentukan rambut lebih sehat dalam jangka panjang. Daging sapi, kuning telur, dan ikan mengandung banyak mineral zat besi. Konsumsi yang teratur dan kondisi pikiran yang baik akan membuat rambut Anda jauh lebih sehat dan hitam alami.

No comments:

Post a Comment